aptitude vs apt-get


Sebelum menjabarkan perbedaan antara aptitude dengan apt-get, alangkah enak dan baiknya (hehehe, gaya dulu cak…) bila dijelaskan terlebih dahulu apa sih aptitude dan apt-get… (penasaran g…??)

Aptitude adalah sebuah aplikasi pengelola paket yang dijalankan melalui sebuah terminal. [1]

aptitude

Aplikasi apt-get adalah sebuah aplikasi berbasis teks untuk mengelola paket yang dapat digunakan jika aplikasi Add/Remove maupun Synaptic mengalami masalah. Aplikasi apt-get menyediakan antar muka tingkat lanjut dalam mengakses APT, sistem manajemen paket yang digunakan pada Ubuntu, namun sebenarnya aplikasi apt-get cukup mudah digunakan jika Anda pernah menggunakannya. Pengguna tingkat lanjut akan merasa dengan menggunakan apt-get, pengaturan paket dapat dilakukan dengan cepat dan lengkap dibandingkan dengan menggunakan aplikasi berbasis grafis yang telah diterangkan sebelumnya. [1]

apt-get command

So…,

Dari pengertian masing-masing aplikasi sudah jelas apa itu aptitude dan apt-get. Jadi jika dari teman2 masih ada pertanyaan tentang aptitude dan apt-get, coba deh antarkan ke blog/link ini.

(eh, tunggu2…. g sesuai judul nih, katanya aptitude vs apt-get, mana nih…)

eh, iya lupa..
ok deh kalo begitu, disambung lagi deh tulisannya..

1. Jika kita menginstall sebuah package, secara otomatis terinstall library package tersebut karena package tersebut ketergantungan(depends) terhadap package lainnya. Ketika anda ingin meremove/menghilangkan package tersebut dengan apt-get, package akan teremove/hilang tapi library package yang terinstall tidak akan hilang/remove, walaupun library tersebut tidak digunakan lagi.

2. Ketika anda menginstall package tersebut dengan aptitude dan meremove/menhilangkannya dengan aptitude, aptitude akan mendetek library2 yang tidak digunakan lagi dan akan otomatis meremove/menghilangkannya.

3. Aptitude menyimpan log dari aktivitas yang kita lakukan di /var/log/aptitude, kalau apt-get tidak menyimpan log apapun.

Mungkin itu rek yang bisa dibahas tentang aptitude vs apt-get, jika teman-teman mungkin mengetahui perbedaan lainnya ato ada yang ingin memberi kritik, silahkan saja memberi komen….

Ref : [1] http://wiki.ubuntu-id.org/MenginstalPerangkatLunak

Enjoy n have fun with this info..
Develop your creativation…

From me,
f4lcon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s