GNU/Linux Sistem Operasi Handal, Fleksibel dan Hemat


Tak dapat dipungkiri gerakan yang dimulai oleh GNU (Gnu is Nut Unix) Open Source makin memperoleh momentum dengan makin merebaknya pengguna linux. Linux sendiri adalah Sistem operasi ala UNIX yang dibuat oleh LINUS TORVALD.

Pertengan tahun 1998, mulai merebah suatu trend baru dalam perkembangan di dunia industri komputer. Trend ini dikenal dengan nama Open Source, trend baru mulai dilontarkan di UNIFORUM 1998, dan banyak didukung perusahaan besar seperti Netscape. Gerakan Open Source ini makin mendapat sambutan baik dari kalangan akademik ataupun industri. Perusahaan browser besar seperti Netscape juga melepas source codenya untuk platform Linux(Searis,1998).

GNU/LINUX atau lebih sering disingkat dengan Linux merupakan sistem operasi yang merupakan turunan UNIX. Nama Linux itu sendiri diturunkan dari pencipta awalnyayaitu LINUS TORVALDS.

Linux pertama kali dibuat oleh linus torvalds di universitas helsinki, finlandia
. Kemudian linux dikembangkan lagi dengan bantuan dari banyak programmer dan hac
ker UNIX di seluruh dunia. Sekarang Linux bisa diperoleh dari distribusi2 yang s
angat umum digunakan, misalnya Redhat, Mandrake, Debian, Slackware, Calderam, dl
l. Kernel yang digunakan adalah sama-sama Linux kernel. sedangkan perbedaannya h
anyalah paker-paker aplikasi yang disertakan, sistem penyusunan direktori, init
style, dll. Kalau ditanya mana yang lebih baik, pada hakekatnya semua sama baikn
ya, tergantung kesengan dan kebiasaan kita dalam penggunaan Linux. Tidak akan pe
rnah ada habisnya memperdebatkan kelebihan dan kelemahan masing2 distribusi ini.

Linux dulumya adalah proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds yang memper
oleh inspirasi dari MINIX. MINIX adalah sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh
Andrew S. Tanenbaum, seorang profesor yang menggeluti penelitian masalah OS dar
i Vrije Universiteit, Belanda.

Di Suoen Tasavalta, Republik Finlandia, seorang mahasiswa bernama Linus Torvalds
mengikuti mata kuliah UNIX dan bahasa pemrograman C, Saat itu Linus menggunakan
sistem operasi mini berbasiskan Unix bernama Minix. Dia merasa bahwa Minix memp
unyai banyak kelemahan, dan ia berkeyakinan mampu untuk membuat lebih baik dari
itu. Di usia 23, dia mulai mengotak atik kernel Minix dan menjalankannya di mesi
n Intel x86.

Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian oada bulan oktober 1991 tanggal 5, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu 0.02 yang hanya dapat menjalankan bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler). Sekarang Linux adalah sistem UNIX yang lengkap, bisa digunakan untuk jaringan (networking), pengembangan software, dan bahkan untuk keperluab sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif OS yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan OS komersial, dengan kemampuan yang setara atau bahkan lebih. Linux bukan lagi suatu OS turunan Unix yang text based, tapi sudah berubah menjadi OS yang memiliki GUI yang lebih indah dan fleksibel daripada Microsoft Windows.

Linux tersedia secara bebas di internet, anda dengan bebas mendownload, tetapi bebrapa vendor membuatnya dalam suatu distribusi dan menganggapnya sebagai versi bebasnya saat ini yaitu Fedora Core, cukup mengagumkan banyak beberapa pelaku IT menggunakan distro varian ini sebagai sistem operasi wajib pada Dedicated Server miliknya.

– Mandrake, terinspirasi oleh redhat dan dikembangkan di Perancis yang mengandalkan sisi kemudahan bagi pemula maupun di tingkat Advanced, saat ini Mandrake telaj diakuisisikan dengan berbagai distro lainnya seperti Conectiva, Lycoris sehingga Mandeake telah mengubah nama distronya menjadi Mandriva.

– Suse, salah satu distro yang dikembangkan di jerman, dan merupakan distro yang paling terkenal di Eropa, saat ini Suse diakuisisi oleh Novel, rilis terbaru yang free yaitu Opensuse atau juga disebut Suse 10. Distro ini terkenal dengan berbagai kemudahan salah satunya adalah YAST (Yet Another System Tools) dan buku-buku referensi tentang distro ini banyak diterbitkan.

Distro – distro diatas mengawali perkembangan Linux hingga saat ini, masih banyak ratusan distro yang muncul dan dapat di download dengan gratis (Masalahnya hanya satu tidak ada akses yang cepat di Indonesia, jika ada itu pun dibatasi dengan alasan keterbatasan bandwith). Anda dapat mendownload distro-distro tersebut dengan cara mengambil iso image dan tinggal di burning dengan software burning favorite anda pada beberapa alamat yaitu di ftp.suse.org atau silahkan gunakan web searching favorit anda seperti google.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s